Jangan Pernah Berdoa Minta Azab Disegerakan

Cobaan tidak pernah lepas pada diri setiap manusia tatkala hidup didunia ini. Allah sudah menjamin hal tersebut. Susah, senang, kaya, tidak memiliki sesuatu adalah diantara manifestasi dari cobaan.

Seberat apapun cobaan yang diterima, bersabarlah, itu yang lebih baik. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah,  apalagi marah kepada Allah karena doa atau cobaan yang diterima tak kunjung berakhir.

Ada kisah dizaman Nabi, seorang laki-laki yang minta disegerakan azab didunia.

Diriwayatkan dari Anas ra, Rasulullah SAW menziarahi seorang laki-laki islam yang sakit parah, tak berdaya untuk bergerak seolah-olah seperti seekor anak burung yang baru menetas. Rasulullah bertanya kepada orang tersebut,’apakah kamu pernah berdo’a kepada Allah agar diberi sesuatu?. Laki-laki itu menjawab, “Ya, aku berdo’a  ‘Ya Allah, jika Engkau ingin menyiksaku di akhirat kelak, tolonglah laksanakan siksa tersebut di dunia ini.’” Mendengar kata-kata tersebut Rasulullah SAW bersabda, “Maha Suci Allah, kamu tidak akan mampu memikulnya. Bukankah lebih baik kamu berdoa:”Rabbana Aatina fiddunya hasanah, wafil aakhiratihasanah waqiina azaa bannar” “ Anas berkata” lantas Nabi berdoa kepada Allah SWT untuk laki-laki tersebut lalu laki-laki tersebut sembuh dari penyakitnya. (HR Bukhari dan Muslim)

Saudara muslim sekalian, jangan pernah mengira manusia sanggup untuk menerima azab Allah, apalagi dunia. Jadi betapapun beratnya cobaan yang menimpa, sekali lagi bersabarlah, Allah tidak akan memberi cobaan kepada hambanya melebihi kemampuan si hamba.