Doa Orang Tua Adalah Doa Mustajab



Orang tua (kedua Ibu dan Bapak) adalah salah satu sarana Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Derajat mereka tinggi disisi Allah. Doa mereka di dengar dan dikabulkan jika menyangkut Anda (anaknya). Perhatikanlah Firman-firman Allah dan Hadits-hadits berikut:  

Firman Allah dalam surah al-Isra’ ayat 23:
"Dan Tuhanmu telah perintahkan supaya engkau tidak menyembah melainkan kepadanya semata-mata dan hendaklah engkau berbuat baik kepada ibu bapa. Jika salah seorang dari keduanya atau kedua-duanya sekali sampai kepada umur tua dalam jagaan dan peliharaanmu, maka janganlah engkau berkata kepada mereka (sebarang perkataan kasar) sekalipun perkataan "uh" dan janganlah engkau menengking, menyergah mereka tetapi katakanlah kepada mereka perkataan yang mulia (yang bersopan santun)."

Dan dalam surah Lukman ayat 14:
"Dan kami wajibkan manusia berbuat baik kepada kedua ibu bapanya, ibunya telah mengandungnya dengan menanggung kelemahan demi kelemahan (dari awal mengandung hingga akhir menyusunya) dan tempoh menceraikan susunya ialah dalam masa dua tahun (dengan yang demikian) bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua ibu bapa mu dan (ingatlah) kepada Akulah jua tempat kembali (untuk menerima balasan)."

Dalam hadits riwayah Bukhari dan MUslim dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Tiga macam doa yang tidak ditolak, yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya, yaitu doa orang tua kepada anaknya, doa orang musafir (orang yang sedang bepergiaan), dan doa orang yang dizhalimi."

"Barangsiapa yang merelakan diri terhadap kedua orang tuanya berarti ia rela (senang) terhadap Allah, dan barangsiapa yang memarahi kedua orang tuanya maka ia seperti memarahi Allah." (HR. Bukhari)

"Keridhaan Allah terletak pada keridhaan ibu bapak dan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan ibu bapak." (HR. Tirmidzi)
"Doa orang tua untuk anaknya bagaikan doa nabi untuk umatnya."
(HR.ad-Dailami)

Dari Muawiyah bin Haidatal Qusyairi katanya aku bertanya Rasulullah SAW, siapakah orang yang paling patut aku berbuat baik?, Rasulullah SAW menjawab : ibumu, kemudian aku bertanya lagi siapa?, Rasulullah menjawab : ibumu, kemudian aku bertanya lagi siapa? Rasulullah menjawab: ibumu, kemudian aku bertanya lagi siapa? Rasulullah menjawab : bapamu, kemudian orang yang paling hampir denganmu dan seterusnya". (Hadis Riwayat at-Tirmizi)

Profesor Doktor Shalih Al Ayid berkata tentang ibunya :"Sesungguhnya doa ibu tidak mungkin meleset, ibuku --semoga Allah merahmatinya -- selalu ridha terhadap anak-anaknya dan sangat mencintai mereka.Oleh karena itu, ia selalu berdoa memohon kebaikan untuk mereka di setiap waktu, berdoa dengan hati yang bersih tanpa ada dendam dan kebencian.


Nah. Beberapa Firman Allah dan Hadits di atas cukuplah menjadi dasar bagi Anda dan Kita semua untuk meminta doa kepada orang tua untuk kebaikan kita dan untuk apapun keperluan kita.

Jika kita dianugerahi anak, kita bisa memanfaatkan momen sebagai orang tua untuk mendoakan segala kebaikan bagi anak-anak kita.