Atasi Cobaan Yang Sulit dengan DOA

Jika Anda mendapat cobaan yang sulit, tak ada yang pantas Anda lakukan kecuali berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah setelah bertobat dengan serius. Kekeliruan memang akan memperoleh balasan berupa siksa. Saat kekhilafan terhapus dengan taubat, terangkatlah penyebab siksa itu. Andaikata Anda bertobat dan berdoa namun tak ada tanda akan dikabulkan, periksalah diri Anda. Mungkin taubat Anda tidak benar.

Jika demikian, perbaikilah, lalu berdoalah terus dan jangan sekali-kali merasa bosan. Mungkin kemaslahatan akan Anda terima jika doa Anda tidak segera dikabulkan, atau mungkin jika dikabulkan, doa Anda tidak membawa maslahat apa-apa.  Meskipun demikian, Anda tetap mendapat pahala dan akan terus memperoleh manfaatnya. Diantara manfaat itu adalah Allah tidak memberi apa-apa yang Anda minta, namun Dia menggantinya dengan yang lain.

Jika iblis mendatangi Anda dan berkata, ”Betapa seringnya Anda berdoa, namun doamu tidak dijawab sama sekali” jawablah dengan jawaban yang membuatnya tidak bisa berbuat apa-apa. Katakan kepadanya, “Saya berdoa untuk beribadah, Saya yakin bahwa jawaban dari doa itu pasti ada”.

Kemungkinan penundaan jawaban doa itu karena Allah melihat kepentingan yang berdoa. Jawaban akan datang pada saat yang tepat. Kalaupun tidak terjawab, yang pasti orang itu telah melakukan ibadah dan merendahkan diri didepan Sang Khaliq.

Berhati-hatilah, jangan sekali-kali meminta sesuatu kecuali dengan permintaan yang baik. Permintaan duniawi dapat menyebabkan permintanya terjerumus ke dalam jurang kehancuran.


Imam Ibnu Al-Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir