Mustajabnya Doa Ketika Berbuka Puasa

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban setiap umat muslim. Ada waktu-waktu mustajab berdoa pada bulan ramadhan. Selain pada malam lailatulqadar juga terdapat waktu lain berdoa yang jika kita berdoa maka doanya tidak tertolak, yaitu ketika berbuka.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) do’a pemimpin yang adil, (2) do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya no. 2408 dan dihasankan oleh Ibnu Hajar.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753.)


Dari dua hadits tersebut dikatakan bahwa waktu berbuka puasa adalah waktu mustajabnya untuk berdo’a, maka jangan tinggalkan untuk selalu berdoa memohon setiap hajat kita, hajat apa pun itu, dunia dan akhirat. Dan waktu doa disini berlaku untuk puasa wajib dan puasa sunnah karena haditsnya adalah mutlak untuk setiap puasa.